Ini Langkah Praktis Bersihkan Evaporator Air Conditioner Mobil


Mencabut AC mobil sendiri sedianya susah-susah licin untuk dikerjakan. Hal itu dikarenakan gak semua komponen dari pertalian AC mobil mungkin dibongkar dan dibersihkan oleh kalian yang umum terhadap bagian-bagian AC mobil. Namun kalau tidak dibersihkan dengan sah, sirkulasi udara pada AC akan menjadi cepat dekil. AC MOBIL Akibatnya, AC mobil berbau, performa menggirangkan kabin pun dapat meraih.

Salah satu bagian utama dari AC mobil adalah evaporator. Komponen berikut memiliki paham kotak serta berfungsi menurunkan suhu udara yang melaluinya agar temperatur tetap normal. Evaporator punya bentuk lapangan yang berselekoh, sehingga apabila terjadi pengendapan kotoran oleh karena itu proses pendingian udara juga tidak akan paling-paling. Indikasinya merupakan AC yang bermodus atau apek hingga hembusan blower terasa semakin padam.

Kebanyakan, AC mempunyai satu lubang untuk menghisap udara yang dengan masuk ke jalur sirkulasi AC. & umumnya, tempat udara itu akan terletak di bawah dashboard mobil dan cukup rendah, sampai rentang merasuk debu ataupun udara vulgar dari karpet mobil. Walaupun beberapa AC mobil didesain untuk meletakkan filter udara, namun kotoran yang terhisap masuk ke sirkulasi udara AC mobil kadang tidak terhindarkan. Sesuatu ini yang kemudian memproduksi evaporator menggabung kotoran.

Sebab alasan ini, maka luar biasa penting untuk menjaga transparansi udara ruang dan permadani mobil kamu. Perawatan tentang AC pula harus simpel[cak] dilakukan mudah-mudahan penyumbatan udara tidak mencapai berbatas merusak bagian yang menyebabkan harus dijalani penggantian. Tapi jika engkau tidak mampu melakukan perawatan AC mobil di bengkel, anda mampu mencoba melakukannya sendiri dengan menggunakan enceran pembersih evaporator AC mobil aftermarket yang banyak dijual di pasaran.

Untuk melenyapkan evaporator dengan menggunakan cairan pembersih, tersedia langkah-langkah biasa yang bisa anda lakukan. Berikut langkah-langkahnya.

Buka Filter AC Mobil Anda
Untuk langkah prolog, matikan mobil anda terlebih dahulu. Kemudian cari mandala lubang hisap udara AC dan stan filter udaranya. Jika AC mobil ialah bawaan bengkel, maka kamu dapat mencarinya di lektur manual mobil anda. Lazimnya, filter AC mobil itu terletak dalam sekitar / di tulat glove box. Perhatikan sepak-terjang membuka filter yang siap di resep book supaya tak memegang keberadaan sel AC yang lain. Setelah dilepas, perhatikan apakah filter tetap bersih atau sudah licik dan kudu diganti.

Kemudian, kocok seng spray enceran pembersih evaporator yang sungguh anda siapkan terlebih dahulu. Lalu sisipkan selang sprayer agar sanggup mendekati blower AC. Tujuannya adalah agar foam yang akan disemprotkan nantinya teratur dengan benar ke sesi blower.

Nyalakan dan Setting AC Mobil
Jika anda sudah bisa memposisikan spray hingga beres untuk memuncrat ke blower, maka nyalakan mesin mobil anda. Lantas nyalakan AC dan setting dengan temperatur paling dingin serta udara atau tiupan blower paling kencang. Kalau mobil dikau double blower, nyalakan pula dengan setting yang sama. Jangan lupa untuk membuka semua kisi-kisi atau ventilasi AC serta jendela mobil engkau.

Semprotkan Air Pembersih Evaporator
Setelah segenap siap serta pastikan antara semprotan sprayer sudah pas menghadap ke blower, jadi semprotkan enceran pembersih terlintas habis. Air pembersih evaporator ini akan berbentuk foam saat digunakan. Jika tatkala menyemprotkan enceran ini merembes air daripada ventilator AC mobil kamu, maka abaikan saja. Sehabis foam enceran pembersih disemprotkan hingga luruh, maka abaikan saja AC dan mobil menyala sekitar 10 hingga 15 menit. Sementara tersebut, anda mampu membersihkan air yang merembes dari ventilator tersebut.

Bila AC kamu dalam penetapan normal, cuma kotor pula dan tidak ada kerusakan, oleh karena itu AC akan terasa lebih dingin setelah evaporator dibersihkan dengan cara ini. Kotoran-kotoran yang menyusupkan akan terserondok bersama tetesan air yang terbuang atas pipa AC di pangkal mobil kamu. Membersihkan AC mobil seorang diri sebenarnya susah-susah gampang untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan tidak semua komponen atas rangkaian AC mobil bisa dibongkar dan dibersihkan sebab kita yang awam lawan bagian-bagian AC mobil. Namun jika tidak dibersihkan secara benar, rotasi udara dalam AC akan menjadi pandai kotor. Kesudahannya, AC mobil berbau, prestasi mendinginkan kabin juga mampu menurun.

Satu diantara komponen terpenting dari AC mobil adalah evaporator. Sel ini punya bentuk kotak dan beroperasi menurunkan suhu udara yang melaluinya agar suhu senantiasa dingin. Evaporator memiliki susunan ruang yang berliku, sehingga jika terjadi pengendapan selekeh maka proses pendingian udara juga tidak akan maksimal. Indikasinya adalah AC yang berbau / apek sampai hembusan blower terasa semakin melemah.

Umumnya, AC memiliki satu mungkum untuk merasuk udara yang akan merasuk ke tisu sirkulasi AC. Dan biasanya, lubang udara tersebut akan terletak dalam bawah dashboard mobil & cukup sedikit, hingga menarik menghisap tepung atau udara kotor dari karpet mobil. Meski sejumlah AC mobil didesain untuk meletakkan filter udara, tapi kotoran yang terhisap masuk ke sirkulasi udara AC mobil sesekali tak terhindarkan. Hal berikut yang kemudian membuat evaporator menimbun buangan.

Karena keterangan tersebut, oleh karena itu sangat penting untuk merintangi kebersihan udara kabin dan karpet mobil anda. Perawatan terhadap AC juga pantas rutin dikerjakan agar penyumbatan udara bukan sampai mengoyak komponen yang mengakibatkan mesti dilakukan penggantian. Namun kalau anda bukan dapat meninggalkan perawatan AC mobil pada bengkel, anda dapat mengira melakukannya seorang diri dengan memakai cairan pembersih evaporator AC mobil aftermarket yang besar dijual dalam pasaran.

Untuk membersihkan evaporator dengan mempergunakan cairan lap, ada langkah-langkah umum yang dapat engkau lakukan. Berikut langkah-langkahnya.

Robek Filter AC Mobil Anda
Untuk tingkat awal, matikan mobil anda terlebih lepas. Kemudian geledah lokasi ruang hisap udara AC & letak gadang udaranya. Bila AC mobil adalah oleh-oleh pabrik, jadi anda bisa mencarinya pada buku pedoman mobil anda. Biasanya, gadang AC mobil ini terletak di sekitar atau dalam belakang glove box. Saksama langkah menggagas filter yang ada dalam manual book agar tak mengganggu presensi komponen AC lainnya. Sesudah dilepas, lihat apakah filter masih putih atau sudah kotor dan harus diganti.

Selanjutnya, kocak kaleng spray cairan lap evaporator yang sudah anda siapkan terlebih dahulu. Dulu sisipkan antara sprayer mudah-mudahan dapat merayu blower AC. Tujuannya ialah agar foam yang hendak disemprotkan nantinya terarah secara benar ke bagian blower.

Nyalakan serta Setting AC Mobil
Bila anda sungguh dapat memposisikan spray muncul siap untuk menyemprot di blower, oleh sebab itu nyalakan perabot mobil anda. Kemudian nyalakan AC & setting secara suhu paling dingin beserta udara atau tiupan blower paling sesak. Jika mobil anda double blower, nyalakan juga secara setting yang serupa. Jangan lupa untuk memprakarsai semua kisi-kisi atau tingkap AC bersama jendela mobil anda.

Semprotkan Cairan Sabun Evaporator
Setelah semua siap dan pastikan selang semprotan sprayer sungguh tepat menghadap ke blower, maka semprotkan cairan lap hingga selesai. Cairan sabun evaporator itu akan berupa foam saat digunakan. Apabila saat menyemprotkan cairan ini keluar larutan dari ventilator AC mobil anda, dipastikan biarkan sekadar. Setelah foam cairan penyuci disemprotkan lalu habis, oleh karena itu biarkan saja AC & mobil memarak sekitar 10 hingga 15 menit. Provisional itu, kamu dapat melenyapkan air yang keluar atas ventilator tersebut.

Jika AC anda di kondisi teratur, hanya nakal saja serta tidak ada kerusakan, maka AC akan terasa lebih susut setelah evaporator dibersihkan beserta cara berikut. Kotoran-kotoran yang menyumbat akan keluar rapi tetesan larutan yang tersisih dari buluh-buluh AC dalam bawah mobil anda.

Advertisements